SEKILAS PT KALBE
Lima puluh tahun lalu, Kalbe Farma memulai kegiatan usahanya di tahun 1966 di sebuah garasi sederhana dengan mimpi besar untuk membangun perusahaan farmasi nasional yang terpandang. Melalui proses pertumbuhan organik dan merjer & akuisisi, dari tahun ke tahun Kalbe Farma mengembangkan kegiatan usahanya dan bertransformasi menjadi penyedia solusi kesehatan terintegrasi melalui empat kelompok divisi usahanya: divisi obat resep, divisi produk kesehatan, divisi nutrisi, serta divisi distribusi & logistik. Ke-empat divisi usaha ini mengelola portofolio obat resep dan obat OTC yang komprehensif, produk-produk minuman energi dan nutrisi, serta alat-alat medis, dengan jaringan distribusi yang menjangkau lebih dari satu juta outlet di seluruh kepulauan Indonesia.
Di pasar internasional, Perseroan telah hadir di negaranegara ASEAN serta Afrika, dan menjadi perusahaan produk kesehatan nasional yang dapat bersaing di pasar ekspor. Dengan berpedoman pada “Panca Sradha” sebagai nilai dasar Perseroan, Kalbe berhasil meraih pertumbuhan yang solid dan mencatatkan sebagai perusahaan publik tahun 1991 di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia).
PROFIL PT KALBE
Dalam perjalanan 50 tahun, Kalbe telah bertransformasi dari perusahaan skala rumah tangga menjadi perusahaan terbuka yang menaungi belasan ribu karyawan yang tersebar di lebih dari 30 anak perusahaan. Kunci kesuksesan perjalanan Kalbe terletak pada nilainilai yang diwariskan pendiri kepada generasi selanjutnya, termasuk para profesional yang dipercaya mengelola Perseroan. Inilah yang menjadi jiwa Perseroan sehingga mampu tegak berdiri melewati tahun demi tahun, termasuk badai krisis 1998. Nilai-nilai itu kemudian ditanamkan kepada seluruh insan Kalbe dan dirumuskan sebagai Kalbe Panca Sradha, yakni : saling percaya (trust), kesadaran penuh (mindfulness), inovasi (innovation), bertekad menjadi yang terbaik (strive to be the best), serta saling keterkaitan (interconnectedness).
Kini, setelah lima dekade, Kalbe Farma adalah perusahaan produk kesehatan publik yang terbesar di Asia Tenggara dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp71.016 Miliar dan omset penjualan Rp19.374 Miliar di akhir 2016. Beberapa produk unggulan Kalbe antara lain adalah Brainact, Cefspan, Mycoral, Cernevit, Cravit, Neuralgin, Broadced, Neurotam, Hemapo, dan CPG. Beberapa produk unggulan Kalbe seperti Promag, Mixagrip dan Extra Joss telah menerima berbagai penghargaan dari berbagai institusi. Produk unggulan Kalbe lainnya antara lain adalah Komix, Woods, Entrostop, Procold, Fatigon, Hydro Coco, dan Original Love Juice, dan lain lain.
Dasar Hukum Pendirian
Akta No. 3 tanggal 10 September 1966, dibuat di hadapan Raden Imam Soesatyo Prawirokoesoemo, Wakil Notaris di Jakarta.
Kepemilikan
PT Gira Sole Prima 10.17%
PT Santa Seha Sanadi 9.66%
PT Diptanala Bahana 9.49%
PT Lucasta Murni Cemerlang 9.47%
PT Ladang Ira Panen 9.21%
PT Bina Arta Charisma 8.50%
Publik/Public 43.50%
Pencatatan di Bursa Saham
Bursa Efek Indonesia pada tanggal 30 Juli 1991
Kode Saham
KLBF
Modal Dasar
Rp850,000,000,000
Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh
Rp468,751,221,100
Jaringan Usaha
2 Pusat Distribusi Regional
72 Cabang
120,000 Jumlah Palet
200,000 Outlet
* Korporasiana adalah tentang sekilas data perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id